top of page

Sepak bola api, olahraga ekstrem yang berasal dari Jawa


Indonesia terkenal akan tradisi dan budayanya tidak hanya tradisi dan budayanya saja, Indonesia juga terkenal dengan banyaknya permainan bahkan olahraga tradisional unik yang diwariskan turun temurun di berbagai daerah. Bahkan masih bertahan sampai sekarang meskipun olahraga tradisional tersebut kadang dimainkan pada momentum tertentu, misalnya pada hari-hari besar atau selepas musim panen. Salah satu olahraga unik di Indonesia tepatnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur yaitu olahraga sepak bola api. Mendengar namanya saja orang-orang akan berpikir apakah olahraga unik ini berbahaya, namun kenyataannya tidak.


Olahraga sepak bola api ini biasa dimainkan oleh para santri baik perempuan maupun laki-laki di pondok pesantren yang ada di Jawa Timur maupun Jawa Tengah. Bola api yang digunakan terbuat dari bongkahan kelapa tua kering selanjutnya direndam minyak tanah agar durasi lebih lama saat dibakar. Hal ini lah mengapa api yang ada di kelapa tidak mati walau dimainkan dengan waktu yang lama.


Dalam bermain sepak bola api ini para pemain tidak dibolehkan menggunakan alas kaki jadi kaki para pemain akan bersentuhan langsung dengan bola api. Untuk durasi permainan sepak bola api ini umunya 2x7 menit durasi pertandingan tidak selama seperti bermain sepak bola pada umunya. Olahraga sepak bola api memiliki makna tersendiri yaitu bukan mencari siapa yang menang dan kalah tetapi semangat para pemain lah yang yang diutamakan.




0 views0 comments
bottom of page